Liburan Paskah 2013

Libuuuurrr...
Liburan Paskah tahun ini jatuh di akhir Maret 2013
Kami pun mudik lagi ke Jogja, dari tanggal 26 Maret - 2 April, karena dapat tiket murah Air Asia
1.5 juta bertiga bolak-balik .. HOREE!!! lumayan banget kan?.. uda dapat bagasi pula

Agenda?
wah pastinya sudah tersusun sesuai dengan keinginan dan hasil kesepakatan dengan keluarga besar di Jogja... musti itu! hahaha....

Kata Abi: "Bantuin mama packing.." (kok malah dia yang masuk koper) >_<

26 Maret 2013, TUE

Kami terbang ke Jogja dengan Air Asia first flight jam 5.50am, it was very very on time.
Sesampainya di Jogja, Uti Akung sudah siap menjemput kami. Abi langsung deh duduk depan dipangku sama Utinya hehehe.. kangen pastinya.
Cuaca di Jogja pagi itu sangat cerah cenderung ke panas.. Matahari bersinar sangat terang...

Menu kuliner pertama, sebagai sarapan, kami membeli soto ayam di dekat rumah Karanggayam.
Beli 5 Soto Ayam tanpa nasi (sayang gak kebagian tempe goreng nya), total 20ribu saja..
Setelah itu, kami santai-santai saja di rumah sambil istirahat dan berkangenan-ria hehe...
Sekitar menjelang makan siang, aku ijin ke Uti Akung untuk "kulakan" (membeli barang untuk dijual kembali) Batik di tempat langganan dianter Aji.. Kami berdua naik motor kesana, mengenang masa pacaran wkwkwkw... sayangnya mendadak hujan dan gak bawa mantel :D

Dingin-dingin, langsung cari yang anget-anget deh sebagai menu kuliner kedua dan makan siang. Kami beli Bakso yang Warung Baksonya bernama EMHA.. enak banget deh... Kalo di Jogja, yang bikin aku kangen terus sama bakso nya adalah kelengkapannya. Lokasi Bakso EMHA ini di dekat Lapangan Bola Deresan, dekat Fak. Peternakan UGM.

Di Jogja, yang namanya Bakso itu terdiri dari Bakso (off course!), kuah kaldu sapi, bakmi putih dan kuning, sawi potong, tahu goreng potong, tetelan, dan yang paling ngangenin adalah tahu goreng. Di Jakarta belum nemu yang kayak gitu deh. Kami beli 5 Bakso + Bakso goreng nya 2ribu, totalnya 45ribu.

Malamnya, pilihan kuliner ketiga jatuh pada restoran Chinese Food Gajah Jaya. Menu di resto ini memang sudah menjadi favorit langganan keluarga Sudijanto (keluargnya Aji).. Biasanya kami akan pesen fuyunghay, capcay goreng, cumi tepung, udang saos tiram.. Enak dan murah...

27 Maret 2013, WED

Pagi-pagi Abi sudah bangun, sekitar jam 6am..
Semangat karena di Jogja mungkin ya..

Begitu bangun pagi, langsung Abi mainan pasir yang ada di depan teras, yang sedang dipake untuk membuat konstruksi kamar kost baru di karanggayam. Seneng banget Abi main pasir bareng mobil mainan ditemenin Papanya :)

Di Jogja, pasirnya lembut dan hitam.
Beda dengan Jakarta yang lebih muda warnanya dan berdebu.

Sarapan apa ya hari ini... hmmm...
Mari kita lanjutkan kuliner keempat hahaha...
Kami beli Gudeg rumahan yang ada di deket rumah karanggayam, dimasak oleh Simbah (orang yang sudah berusia di atas 60).
Enak lho, gak eneg. Aku ini rada aneh, orang asli Jogja tapi gak suka Gudeg, jadi kalo mo beli cari yang gak eneg. Kami beli dada ayam 2, paha ayam 1, telor 2, dan krecek totalnya hanya 36ribu. Murah banget ya.

Sekitar jam 9am, kami sudah berencana berkunjung ke kontrakan Iyok (si bungsu di keluarga Sudijanto, alias adek bungsunya Aji) di daerah Beran, nDenggung, tempat dia memelihara dan menternakkan Anjing.
Bagus Anjing2 nya.. Iyok memang menjalani bisni jual beli Anjing stanbun, terima titipan, juga breeding.
Abi seneng tapi juga takut-takut hahaha.. lucu banget wajahnya...

bersama Betsy, Rottweiler Betina
bersama Benzo, anak Golden Retriever

Sudah puas bermain dengan anjing-anjing lucu, kami pun merencanakan makan siang bersama di sekitar rumah Iyok. Katanya, ada yang namanya Olive Chicken, lagi booming di Jogja karena murah dan enak. Masak 5000 uda dapat nasi ayam goreng sayap/paja (mirip kfc) dan es teh manis. Untuk dada 7000.
Gak salah denger ya? hehehe..
Kami pun berangkat ke sana, dan bener lho.. makan ber-6, lalu masih bungkus untuk 5 orang dan tambah cemilan totalnya 90ribu. Rame juga tempat makannya.. kebanyakan pelajar. Banyak sekali cabangnya.

Sorenya, kami dijemput PapaAgus untuk sekalian ikut ke Jurug karena akan makan malam bersama w/ Prayitnos di Bale Ayu Timoho. Kuliner lagi deh ...
Bale Ayu Timoho ini seafood resto, namun bentuknya lebih modern, tidak berupa saung-saung.
Menu andalannya adalah Gurameh Bakar Manis, Cumi telur asin, Gurameh Asam Manis (kalo gak salah) Pilihan menu minuman standar lah.. dari wedang jahe sampe berbagai macam Jus.
Rata-rata harga per kepala 30ribu. Sayangnya Mba Vita malah sakit. :(

28 Maret 2013, THU

Hari ini aku janjian sama MamaNdang untuk masak di Jurug xixixi.. Gaya nih, mentang-mentang sekarang jadi IRT trus mo masakin orang serumah di Jogja.. hahaha..
Bangun pagi, ke pasar colombo (dekat rumah) bareng Mba Vita & Diva... ada yang kelayu ternyata.
Jadilah aku masak bayem, yang gampang dan bisa dimakan siapa aja.
Dan.. langsung habiiiisss... Hore!! :D

Di sela-sela berlibur, Papanya Abi harus membuat FS Hotel untuk diemailkan ke Jakarta.
Untung langsung jadi .. ketak ketik ketak ketik... kiriiiim..

Hari ini agendanya adalah Main ke TAMAN PINTAR di dekat Malioboro.

Sejak liburan Natal kemarin Abi uda pengen kesana, tapi apa daya agenda menumpuk. Akhirnya kesampaian ya Nak...
Sampe sana .. puenuuuh!! hahahaha..
Kami pun memilih untuk menjelajah ke dalam gedung. Harga tiket untuk anak 8ribu + dewasa 15ribu.
Tidak termasuk planetarium, belum buka. Juga film 4D gak pas waktunya.
Yaaah.. sayang ya. Besok lagi deh diagendakan.
Sayangnya lagi.. dan lagi-lagi.. perawatan dan hospitality.. masih di bawah standar. At least our standard.
Display benda sejarah yang berdebu.. komputer yang rusak.. lantai busa yang bocel-bocel... Hiks..

Sepulang dari Taman Pintar, makan siang deh..
Hmm.. pikir-pikir mo makan apa ya? kuliner apa hari ini.
Papanya Abi tiba-tiba terlintas ide kuliner, "Gimana kalo Lotek Bu Ning di Tamansiswa?"
Wah ide Anda bagus Pak! hahaha.. Meluncuuurr...
Sampe sana, penuh juga. Ya karena jam makan siang juga.
Tempat, lumayan enak dan teduh. Ada bagian lesehan dan ada yang kursi. Menu bervariasi dari Lotek, yang mana menjadi menu utama dan favorit, ada juga Mie Goreng jawa, Gado-Gado, dll. Lotek itu semacam karedok kalo di Jakarta, bedanya di jenis sayuran rebus yang dicampur dan ada tambahan lauk seperti bakwan atau telur dadar. Minumannya juga bikin ngiler, ada Jus, ada air degan (air kelapa), es dawet, dll.
Harga rata-rata per kepala 15ribu rupiah saja.

Agenda malam, kami bersama-sama ke gereja untuk mengikuti Misa Kamis Putih, sebagai awal Tri Hari Suci Paskah.. Kebetulan wilayah kami bertugas koor (paduan suara).

29 Maret 2013, FRI

Hari ini kami berencana mengajak Abi ke Gembira Loka (Kebun Binatang di Jogja) sekalian Rayna dan keluarga Karanggayam. Serunya rame-rame!
Gak mau kalah juga... Revi Diva juga pengen ikut hahaha...  So, MamaNdang deh yang anterin.
Tapi karena MamaNdang ada acara jam 11.00, maka kami janjian jam 9.00 di Gembira Loka.
Trus nanti keluarga Jurug pulang duluan.
Sebelum berangkat, kami sarapan Soto Sapi Ngadiran dulu. Yummy.

Wah sejak 2 tahun lalu kami kesana, sudah banyak perubahan.
Sekarang tambah bagus. Wahana bertambah, dan lebih dikelompokkan.
Sepertinya ada visi baru: "Lebih dekat dengan pengunjung", karena ada saat-saat para pegunjung boleh menyapa hewan-hewan ini di beberapa wahana.
Lalu ada "aksi hewan pintar" juga, seperti di Taman Safari.
Infrastruktur juga lebih diperbaiki dari jalan (sudah konblok rapi), kolam, pagar hewan, petunjuk arah, dll.

Setelah capek berjalan sana-sini dan asyik banget lihat tingkah laku "penghuni" Gembira Loka, mari kita cari makan siang... xixixi..
Kali ini makan siang ala Jakarta deh, kebetulan Rayna juga hobi tuh kayak Abi (termasuk kayak Utinya :P).
Kami putuskan makan siang di Pizza Hut di Jakal.
Pulang ke rumah karanggayam, masih ada waktu untuk istirahat sebelum melanjutkan Tri Hari Suci ke-2, yaitu ke Gereja untuk Misa Jumat Agung jam 18.00 di Gereja Pringwulung

Eeh sekalian deh janjian sama my best friend, Dian, untuk ke gereja bersama dan kalo bisa duduk bareng juga. Mengingat kalo hari besar gini penuh sesak. Tapi untungnya kami bisa duduk bareng.. Sip.
Pulang dari misa, makan malam di rumah saja lah. Masakan Uti yang gak kalah enaknya.

30 Maret 2013, SAT

Pagi ini, jam 9.00 kami ke Makam Eyang Ndari (dari keluarga Karanggayam) di Imogiri.
Sarapan Soto Nngadiran lagi... hehehe..
Eyang RBA. Siti Soendari meninggal 31 Maret 2012, sudah 1 tahun ya.

Agenda berlanjut ke Malioboro Mall, karena Papanya Abi harus ketemu teman dari luar kota.
Kalo pulang kampung, aku sama sekali gak pernah menginjakkan kaki ke seputara Malioboro.
Baru kali ini nih, setelah sekian lama... macet nyaaaa hahaha..
Kami makan siang di Es Teller 77, sambil tunggu papa kami pun jalan-jalan deh ke Matahari :)

Sampe rumah karanggayam jam 14.30. Sebenarnya ada jadwal Misa Paskah 17.00, tapi setelah makan siang malah ada accident, Vutri kumat alerginya sampe harus dibawa ke UGD Panti Rapih dan Rayna pun ikut rewel hehehe.. riweh deh dan akhirnya batal ke Gereja.

31 Maret 2013, SUN

Masih dalam rangkaian masa Paskah, kami mengikuti Misa Paskah Anak di Panti Paroki Banteng jam 8.00, berhubung malamnya juga batal ke gereja karena agak riweh.
Tugas rutin Mba Vita, Revi dan Diva untuk mengisi paduan suara anak di Misa ini.

Kak Revi Menyapu
Setelah itu,
kami w/ Prayitnos nyekar ke Uyut Klaten, sekalian sowan ke Uyut Gondang setelah nyekar.
Pose dulu di depan nisan Uyut

Uyut Klaten putri meninggal tahun 2003, gak kerasa 11 tahun sudah ya Uyut gak physically. Kalo Uyut Klaten kakung, meninggal pas mamie papie menikah.. Eh sebenarnya prosesi pernikahan diajukan karena Uyut Klaten kakung meninggal mendadak karena Jantung, sekitar tahun 1977.
Kami juga diajak papie menengok makam Om, adeknya papie, yang bersebelaha dengan makam Uyut Klaten.

Karena uda siang, pas jam makan siang...  WisKul lagi?
Pasti dong.. xixixi.. kali ini kita iseng coba tempat makan yang sama sekali belum pernah tau ..
Kebetulan lewat gitu aja.. kok kayaknya asyik.. mampir aaah... :)
Namanya "Banyu Urip" .. usut punya usut.. ternyata ini resto saung terkenal di daerah Sungkur Klaten situ hahaha.. yah maklum bukan orang Klaten .. katanya enak dan tempatnya bagus..

The Prayitnos

1 April 2013, MON

Hari ini kebagian deh bantu papie untuk servis Ertiga nya di suzuki jalan solo.. hehehe kebiasaan kalo kami pulang kampung pasti adaaa saja yang perlu dibantu :p
Sekalian aja, aku sama Abi main ke rumah Dian,
jadi biar Papanya Abi yang stay di suzuki xixixi... wagu ya.
Berkangen ria dengan sahabat tersayang..
langsung deh Abi keasyikan main sama Tristan.

Untungnya gak terlalu lama, bahkan bisa dikatakan waktunya pas banget karena sudah ada janji lunch bareng temen-temen PAD di "Jogja Paradise" di Jalan Magelang, dekat dengan IndoGrosir.

Tempat makan baru lagi..
memang sekarang banyak sekali bermunculan tempat makan di Jogja..
Tempat ini bagus juga penataan tamannya dan tempat parkir luas.
Jadi Jogja Paradise ini modelnya seperti food court.

Berbagai counter makanan bergabung di satu tempat yang luas.. sehingga banyak pilihan menu bagi para penikmat kuliner atau hanya sekedar memenuhi kebutuhan makan siang atau malam. Range harga standar sekitar 20-30ribuan, tentang rasa.. menurutku biasa lumayan hehehe...

Malamnya, kami w/ Sudijantos makan di "The WestLake" di daerah Seyegan, ring road barat
Wah ini nih.. keren banget tempatnya .. dengan catatan kesana malam ya :D
Lighting keren banget, tanaman yg bagus ditata dengan indah, plus kolam buatan yang lumayan besar. Bisa main perahu gowes juga di danaunya, juga ada playground untuk anak-anak.
Oiya, memancing juga boleh lho.. asyik kan?

Banyak pilihan menu seafood dan selain seafood,
jenis minuman juga macem-macem..
Kisaran harga.. kira-kira per orang 50ribuan..

2 April 2013, TUE

Kebetulan budhe "cilik" nya Abi libur dan bisa main ke rumah karanggayam.
Wah Abi seneng banget deh.. seharian main sama budhe "cilik" Arum hehehe..
Sayang kami malah ga sempat sowan ke Kadipaten untuk tengok Eyang Harso  (maaf ya Yut) Mba

Malamnya, kami w/ Prayitnos kuliner lagi deh...
Kali ini di "Nanamia Pizzeria" Jl. Mozes Gatotkaca B.13, Gejayan
Asli nih .. Pizza Italia tradisional.. model rotinya tipis banget dan pinggirannya renyah lengkap dengan rasa khas italia..
minumannya juga macem2 .. Lumayan juga nih... Enak..
Range harga .. hmmm untuk minuman sekitar 15ribuan, kemarin kami ber-10 habisnya 300ribu.

Hanya tempatnya sempit, apalagi kalo malam.. wah rame banget ini.. parkiran juga cuma di sepanjang jalan mozes aja..

Dan sayangnya, Abi kurang cocok disini..
Bukan masalah dia jadi ga bisa makan ato ga doyan ya..
Abi mah langsung lahap banget makan+minumnya.. tapi abis itu batuk alerginya kumat, mungkin ada bumbu-bumbu di dalam campuran toping atau pasta yang ga cocok di Abi.. :(

3 April 2013, WED

Saatnya -home sweet home- kembali pulang ke rumah Vale.
Flight ke Jakarta by Air Asia jam 12.50 wib.
Sebelum ke bandara, mampir dulu beli gudeg besek Bu Ahmad.
Cocok sama gudeg nya Bu Ahmad, enak dan terjangkau.
1 porsi besek isinya nasi, ayam dada atau paha atas 1, telur 1, gudeg, krecek, kalo ga salah 17ribu saja.
Bisa bertahan sampe 1.5 hari dari jam kita beli di warungnya ya..

Sepertinya, liburan kali ini kebanyakan wiskul, alias wisata kuliner nya ya wkwk....
memang itu sih tujuannya, apalagi kalo pulang kampung.
Dan tampak wara-wiri kesana-kemari antara Rumah Karanggayam dan Rumah Jurug,
namun begitulah yang kami pilih, biar kangennya bisa puas.

Besok direncanain lagi mo kemana aja..
Jogja, we will always love you.. :*