Raport Homeschooling Abimanyu 2014

Kurang lebih setahun sudah Abimanyu menjalani sekolah di rumah alias Homeschooling (HS).
Raport HS pertama Abi ada di sini. Beberapa PR kami di Raport 2013 telah terealisasi.
Tahun 2014 ini Abi berusia 5 tahun. Semakin banyak kemampuan Abi yang berkembang dengan sangat baik. Bahkan terkadang membuat kami tak menyangka dengan semua itu.

Aku membaca beberapa artikel tentang Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini dan menemukan bentuk yang lebih cocok untuk diaplikasikan dalam keseharian Abimanyu saat ini. Memang tantangan dalam menjalani HS dari waktu ke waktu adalah menemukan bentuk yang tepat untuk setiap keluarga homeschooler.

Menurut beberapa artikel, perkembangan yang ada pada anak usia dini yaitu:
1. perkembangan motorik meliputi fisik kasar dan halus
2. perkembangan kognitif meliputi intelektual, sosio-emosional, bahasa, dan memori
3. perkembangan moral-spiritual
Selain pengamatan terhadap perkembangan di atas, fokus kami untuk Abimanyu saat ini adalah pemahaman nilai keluarga, nilai kehidupan dan alam semesta, dan kemampuan diri atau life skill.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

RAPORT HS ABIMANYU TAHUN 2014


Perkembangan Kemampuan Diri

Kami membiasakan Abi mengenal pekerjaan domestik (rumah tangga) seperti menyapu, mengepel, menyikat wc/bak mandi, merapikan tempat tidur, mencuci kendaraan, mencuci dan menjemur baju, mencuci alat makan, menyiram tanaman, merapikan ruangan di rumah, merapikan mainan, memasak, dsb. Selain juga kemampuan mengurus diri sendiri seperti mandi, makan, memakai baju, memakai jaket, memakai sepatu, memakai kaos kaki, memakai tas, packing, dsb.

Di usia 5 tahun ini Abi mendapatkan porsi pekerjaan domestik menyikat wc, merapikan tempat tidur, merapikan mainan, menyapu, menyiram tanaman, dan membantu kami ketika tenaganya dibutuhkan.
Abi sudah menjalankan dengan cukup baik. Kadang atas kesadaran sendiri.
Sedangkan untuk diri sendiri, Abi masih perlu dibantu untuk memakai jaket, kaos kaki, mengancingkan celana jeans, memakai tas, dan packing.


Perkembangan Fisik Motorik

Perkembang fisik Abi bisa dikatakan meningkat pesat melebihi perkembangan anak-anak sebayanya.
Saat ini di usia 5 tahun, tinggi badan Abi sudah lebih dari 120cm dan berat badannya sekitar 28 kg.

MOTORIK KASAR
Koordinasi antara bagian tubuh Abi sudah semakin rapi dan optimal. Tampak dalam ketrampilannya menendang bola, menangkap bola, main engklek, melompat anak tangga yang lebih tinggi, kecepatan berlari, naik sepeda, panjat dinding dan kursi, dsb.
Oya pencapaian besar Abi secara adalah bisa naik sepeda roda dua dan ngebut hehehe...
Abi melakukannya secara mandiri. Yang dimaksud disini adalah Abi akhirnya bisa dengan sendirinya tanpa dibantu. Ada satu yang masih perlu perhatian, yaitu kontrol terhadap gerakan tangan dan kaki terhadap benda di sekitarnya.

MOTORIK HALUS
Kemampuan jari jemari Abi menunjukkan perkembangan yang baik.
Tampak dalam proses mewarnai yang sudah lebih rapi, membuat garis, menggambar apapun sudah lebih jelas bentuknya, menyusun lego dan puzzle, menempel.
Untuk menggunting dan melipat perkembangannya cukup, masih perlu ditingkatkan.
Sedangkan membaca dan menulis Abi melakukan dengan usaha sendiri dan mampu.
Jadi sekarang semua-semua dibaca dan menanyakan artinya saat dia tidak paham.

melyloelhabox.blogspot.com





















Perkembangan Kognitif

Kognisi dapat diartikan sebagai pengetahuan luas, daya nalar, kreativitas (daya cipta), kemampuan berbahasa, serta daya ingat.
Klasifikasi pengembangan kognitif terdiri dari visual, auditori, taktil, kinestetik, geometri dan aritmatika, dan sains permulaan. (http://bebydealova.blogspot.com/2012/11/makalah-pengembangan-kognitifafektif.html).
Tahapan perkembangan kognitif ada 4 menurut Jean Piaget, yaitu:
- tahap Sensorimotor (0-2 tahun)
- tahap Pra-Operasional (3-7 tahun)
- tahap Konkret-Operasional (8-11 tahun)
- tahap Formal-Operasional (12 tahun ke atas)

PERKEMBANGAN INTELEKTUAL
Tahap Pra-Operasional, dimana anak belajar menggunakan simbol, pemikiran yang belum logis dan sistematis, mulai memahami perbedaan mimpi dan kenyataan, serta berpikir secara egosentris. Hal ini cukup menjadi acuanku dalam mengamati keseharian Abi yang sesuai dengan tahapannya.
Sedangkan jika dipandang berdasarkan klasifikasinya, Abi paling menonjol di auditori dan kinestetik.
Ketika bermain musik, Abi sanggup menebak nada (not) yang dibunyikan dari pendengarannya.
Abi pun lebih mudah menerima arahan/perintah melalui gerakan atau ketika sedang bergerak, atau juga dengan cara Abi menyentuhnya langsung.

PERKEMBANGAN SOSIO-EMOSIONAL
Abi memiliki kesempatan lebih luas dibanding sebelumnya dalam berinteraksi dengan orang lain, baik teman sebaya maupun yang anak lebih muda dan orang lebih tua usianya. Dengan kondisi ini Abi mulai menunjukkan keakuannya, apa yang menurutnya benar dan bagaimana menjelaskan yang dia pahami ke orang lain. Abi belajar untuk menerima pendapat yang berbeda.

PERKEMBANGAN BAHASA
Abi menunjukkan kemajuan yang baik. Tata bahasanya lebih teratur dan benar. Perbendaharaan kata juga lebih banyak.

PERKEMBANGAN MEMORI
Menurut informasi, di usia Abi ini adalah memori jangka pendek. Dan itu benar terjadi di Abi.
Namun terkadang Abi bisa menceritakan ingatan masa kecilnya ketika berusia 3 tahun.

diyahlaily.wordpress.com


Perkembangan Moral dan Spiritual

Spiritualitas dalam hal ini adalah mengajak Abi untuk lebih dekat dengan alam. Bahwa alam semesta memiliki keseimbangan terhadap segala sesuatu yang ada di atasnya. Hukum alam aksi dan reaksi adalah hukum yang paling mendasar yang berlaku di sekitar kita. Alam semesta mencatat setiap sikap kita baik kepada diri kita sendiri maupun kepada orang lain yang akan kembali kepada kita lagi.
Dari sini Abi lebih mudah untuk diajak berdiskusi tentang moral, bahwa penting untuk menghormati dan menghargai keberadaan orang lain di sekitar kita.

Kami juga mengajak Abi untuk mendengarkan hati dan tubuh. Bahwa tubuh itu adalah jujur dan hati yang terdalam selalu memberikan saran yang patut dipertimbangkan. Abi 5 tahun belajar mengasah kepekaannya terhadap tubuh dan hatinya.
Abi sudah cukup mampu untuk menerima kejujuran tubuh dibandingkan menuruti keinginan pikiran yang ada kalanya lebih agresif. Sebagai contoh ketika tubuh lelah sedangkan pikiran ingin terus berkegiatan fisik, Abi mampu mengolah hatinya untuk mengistirahatkan tubuh sementara waktu.

Secara kualitatif perkembangan moral dan spiritual Abi menurutku sudah baik. 
Namun tetap perlu pengawasan dan arahan untuk lebih baik lagi.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bentuk Raport HS kami ternilai secara deskriptif dan kualitatif. Sepertinya cukup untuk panduan kami saat ini dalam mendampingi Abi mengeluarkan kehebatannya.

Semakin hari semakin hebat ya Mas.
Mampukan mama papa untuk menjadi pendampingmu.


-Tuhan Memberkati-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BOOK: Day by Day with My Son

Motivasi Berserah Diri

Dua Guru Kecilku