PKBM Piwulang Becik




Ketika memilih jalur pendidikan alternatif seperti homeschooling, terbuka banyak pilihan model cara belajar yang memberikan kita kebebasan sesuai kenyamanan masing-masing. 

Kami memilih mendaftarkan diri ke PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan. Setelah menimbang berbagai faktor, kami memutuskan bergabung di PKBM Piwulang Becik di Salatiga. Kami menyebutnya PBx.

Visi yang menjadi kekuatan di PBx ini adalah belajar dengan nyaman, saling gotong royong dan menghargai keberagaman di setiap manusia. Suka banget! 

https://piwulangbecik.com/ jika ingin informasi kegiatan dan lain-lain bisa langsung ke website PBx.

Di PBx, Abi terdaftar mulai usia 11tahun - kelas 5SD. Abi sudah memiliki ijazah dan surat kelulusan SD. Sekarang Abi kelas 7, di usia 14tahun. Sementara Anin terdaftar mulai usia 5tahun - Kelompok Bermain. Saat ini Anin kelas 1, di usia 8tahun.

Proses ujian kelulusan Abi dilaksanakan online dengan zoom dan soal ujian resmi dari PKBM, dengan jadwal seperti ujian di sekolah formal. Penyerahan ijazah juga dilakukan resmi di Salatiga dengan cap tiga jari. Ijazah dari PKBM diakui oleh Diknas Pendidikan.

Hal ini menjawab ketika ada yang bertanya, kalau anak homeschooling bagaimana legalitasnya? Namun pertanyaan sebelumnya adalah, apa yang menjadi tujuan pilihan homeschooling tersebut. Tidak apa-apa jika memang tidak perlu ijazah menurutku, dan tidak apa-apa juga jika memilih untuk memiliki ijazah bagi anak-anak.


Di dalam PBx ini banyak kegiatan yang bisa diikuti. Istilah kegiatan di PBx biasanya disebut Student Club (SC). Ada menggambar, bahasa (Inggris, Arab, Korea, Jepang, Persia, Indonesia), ilustrasi cerita, game minecfrat, canva, digital drawing, musik, diskusi buku, craft/kreasi, teens dan kids club, filsafat, memasak, logika berpikir, matematika, keseruan anak berkebutuhan khusus, hmm.. apalagi ya...

Seru deh!

Anak-anak dibebaskan untuk memilih yang disukai dan belajar konsisten terhadap pilihannya. Termasuk mengerjakan tugas yang ada di setiap SC. 


Yang paling kami suka adalah Abi Anin mendapatkan banyak teman di PBx, tidak hanya online namun offline juga. Tidak hanya di Jogja, namun di seluruh Indonesia.

Dan anak-anak mampu belajar konsisten, komitmen, dan tanggung jawab di setiap tugasnya dengan sendirinya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BOOK: Day by Day with My Son

Motivasi Berserah Diri

Dua Guru Kecilku